Rabu, 03 Februari 2016

Manfaat Sajadah Dalam Beribadah



Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh orang Islam adalah sholat. Sholat menjadi kewajiban bagi seluruh umat karena dalam ajaran agama Islam sudah tertulis bahwa mereka yang sudah baligh wajib menunaikan ibadah sholat.

Lebih dari itu ada beberapa ketentuan dalam menjalankan sholat seperti harus dalam keadaan yang suci. Harus berwudhu terlebih dahulu, ditempat yang suci dan antara perempuan dan laki-laki ada ketentuan bagaimana menggunakan perlengkapan sholat.
Disisi lain tahukah Anda bahwa ketika sholat kita harus mengenakan alas dan biasa disebut dengan sajadah ? Ya, kehadiran sajadah menjadi penting karena disetiap kita sholat kita pasti menggunakannya. Sajadah bukan hanya tempat untuk alas orang sholat melainkan juga menjadi tempat sujud terbaik dimana kita bisa memohon dan beribadah dengan khusyuk.
Ada begitu banyak manfaat sajadah dalam sholat, dalam artikel kali ini kita akan menyampaikan beberapa manfaat tersebut. Simak penjelasannya dibawah ini.
1. Mampu menjadi tempat sujud terbaik
Dengan menggunakan sajadah kita berarti telah memisahkan antara bagian bawah dengan yang lebih bersih. Dengan menggunakan sajadah kita bisa sujud dengan baik karena memang posisi terbaik adalah sujud dimana kita bisa benar-benar melepas semua kepenatan yang ada. Sajadah menjadi perantara terbaik ketika sholat, ketika kepala menyentuh bumi. Disarankan setiap sholat kita harus mengenakan sajadah untuk membedakan antara tanah dan alas untuk sholat. Hal ini berguna untuk menghindari hadas yang ada dibawah.
2. Membuat sholat lebih khusyuk
Denan menggunakan sajadah kita bisa lebih khusyuk dalam beribadah, apalagi bila sajadah yang kita gunakan adalah sajadah yang berkualitas baik dan mendukung ibadah kita. Salah satu jenis sajadah adalah sajadah tebal yang diproduksi oleh www.sajadahbubu.com. Disini Anda bisa membeli dan memilih sajadah terbaik untuk beribadah Anda, jangan pandang sebelah mata kegunaan sajadah dalam ibadah sholat, karena sajdah bisa menjadikan Anda lebih khusyuk dalam beribadah.
3. Membuat kita lebih tenang
Dan yang terakhir adalah sajadah bisa membuat kita lebih tenang. Satu lagi jenis sajadah yang bisa mendukung ibadah Anda adalah sajadah busa. Sajadah ini bisa digunakan untuk sholat dimana saja, Anda pun bisa memilih motif terbaik sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Sajadah sholat membuat sholat anda menjadi nyaman


Penggunaan Sajadah Sebagai Alat Sholat Bagi Orang Islam

Dalam bahasa Arab, Sajadah disebut dengan Sajjada atau Musallah. Sedangkan orang Persia, menyebut Sajadah dengan Janamaz. Sedangkan di Indonesia sendiri biasa disebut dengan Sajadah. Sajadah, umumnya terbuat dari kain, baik polos maupun yang memiliki gambar dan corak yang biasanya bernafaskan Islam.
Menjaga agar tubuh tetap terjaga kebersihannya serta agar dapat menambah rasa kusyu menjadi alasan utama orang Islam menggunakan Sajadah sebagai alas Sholatnya walaupun daru banyak referensi, penggunaan Sajadah sebenarnya tidak bersifat wajib karena memang tidak ada hubungannya dengan kusyu atau tidaknya seseorang dalam melaksanakan Sholat.
Untuk ukuran, Sajadah pada umumnya memiliki ukuran yang sekiranya seukuran orang dewasa pada saat melakukan sujud. Umumnya ukuran sajadah adalah 0.91 m × 1.5 m atau 1.2 m × 1.8 m. Tetap ada pula ukuran Sajada yang hanya seukuran 30 cm × 30 cm yang biasanya digunakan sebagai alas kening saja. Selain itu, ada pula Sajadah yang dibuat untuk para anak-anak yang tentunya berukuran lebih kecil serta dihiasi ornamen lucu & menarik.

Sajadah Dalam Ringkasan Sejarah

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa penggunaan Sajadah sebenarnya tidak bersifat wajib sebagai alas Sholat bagi orang Islam. Apabila kita perhatikan, penggunaan untuk sebagian orang hanya bersifat kebiasaan yang selalu dilakukannya pada saat melaksanakan Sholat 5 kali dalam sehari.
Sejak jaman Nabi Muhammad SAW penggunaan sajadah tidak banyak dipersoalkan karena memang mereka sudah terbiasa menggunakan sajadah alam alias padang pasir terbuka. Kalaupun mereka harus menggunakan alas, mereka biasanya menggunakan syal (penutup leher) sebagai Sajadah.
Seiring dengan majunya teknologi dan peradaban di negara Arab, pembuatan karpet menjadi salah satu produk yang sangat umum digunakan. Penggunaan karpet awalnya digunakan sebagai alas rumah, setelah itu mulailah karpet dbuat juga untuk alas Sholat.
Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, penggunaan Sajadah sudah menjadi hal yang sangat umum. Semua tempat ibadah, baik Masjid maupun Mushalla, menggunakan Sajadah sebagai alas Sholat.

Sajadah sholat membuat sholat anda menjadi nyaman



 Info and more :
BBM : 577AA5DC
WA:081280884690

3 komentar: